Header Ads

Loading...

Khasiat Ubi Rambat Ungu, Badan Langsing Bugar dan Sehat

loading...
Loading...

Ubi jalar ungu, menu diet antioksidan tinggi

Mengganti nasi dengan kentang mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika mengganti nasi dengan ubi jalar? Ubi jalar merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa kita temukan di Indonesia.


Ada 3 jenis ubi jalar yang biasa kita dapatkan di pasar atau swalayan terdekat yaitu ubi jalar putih, kuning, dan ungu. Ketiga jenis ubi ini memiliki kandungan kalori, karbohidrat, gula, dan serat yang berbeda-beda.

Dari ketiga jenis ubi tersebut, ubi yang paling baik untuk program diet adalah ubi ungu. Ubi ungu mengandung karbohidrat 12,64% yang mana paling rendah dari ubi jalar putih (28,79%) dan ubi jalar kuning (24,47%). Sementara itu serat yang terkandung dalam ubi jalar ungu juga lebih tinggi daripada kedua jenis ubi jalar lainnya tersebut.


Ubi jalar juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh salah satunya untuk mencegah kanker. Dari ketiga jenis ubi jalar tersebut, ubi jalar ungu memiliki antioksidan yang lebih tinggi. Ubi jalar ungu juga mengandung vitamin A tinggi yang mana baik untuk pengelihatan. Jumlah vitamin A pada Ubi jalar ungu 3 kali lipat dari jumlah vitamin A pada tomat.







“Makin pekat warna ubinya maka kandungan antioksidannya makin tinggi. Antioksidan itu untuk menghindari proses oksidasi dalam tubuh yang bisa menyebabkan radikal bebas. Radikal bebas itu bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu antioksidan sangat berperan penting untuk mencegah kanker,” jelas Hilman Fachrudin.


Sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar memiliki indeks glikemik (IG) yang tergolong rendah yaitu 54, dibanding dengan nasi putih yang bisa mencapai 71-80.


Farmasis Hilman Fachruddin menjelaskan bahwa dengan melihat indeks glikemik ini, kita bisa melihat bahwa ubi jauh lebih baik untuk dikonsumsi saat program diet dibandingkan dengan nasi putih.

Dengan demikian bila kita mengganti 100 gram nasi putih dengan 100 gram ubi jalar ungu maka kita mendapatkan asupan yang lebih tinggi serat, kandungan karbohidrat yang rendah, dengan rasa kenyang yang sama


Menggunakan ubi sebagai bahan makanan juga bisa kita kreasikan menjadi menu-menu yang seru. Kita bisa membuat brownies ubi, kolak ubi, atau bola-bola ubi. Kita juga bisa mengganti tepung terigu untuk membuat cake dengan tepung ubi sehingga kita bisa tetap merasakan manfaat ubi jalar.


Image Credits: Republika
loading...
Loading...

Tidak ada komentar